09

January 2024

  • By Admin
  • 09 January 2024

Warga Bukittinggi Diimbau Kelola Sampah Mandiri, Ini Alasannya

Pemkot Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau warganya dapat mengelola sampah secara mandiri untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh ditutup akibat longsor.

"Kondisi TPA Regional Payakumbuh tidak memungkinkan untuk dioperasikan, kami minta warga mengelola sampah sendiri untuk sementara," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Kamis (21/12/2023).

Penutupan TPA ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa waktu, hingga petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa mengevakuasi sampah seperti biasanya.

Erman Safar, mengimbau warganya untuk mengelola sampah organik, terutama untuk mengurangi timbunan sampah. Dirinya juga meminta warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan, khususnya dalam momen libur akhir tahun.

"Partisipasi kita bersama sangat diharapkan, meski TPA ditutup, tetap jaga lingkungan tetap bersih dan nyaman hingga wisatawan yang datang betah berkunjung, terpenting warga semua terjaga kesehatannya," ucapnya.

Imbauan Erman Safar ini ini telah disebar ke seluruh warga hingga antisipasi penumpukan sampah bisa dilakukan secepatnya. Salah seorang RW di Bukittinggi, Muhardi mengatakan bahwa pihaknya telah meminta warga di sekitar untuk tidak menempatkan sampahnya di pinggir jalan mulai saat ini.

Warga lainnya, Aldion mengaku telah mengetahui imbauan itu dari media sosial grup Kantor Kelurahan. Ia mengatakan bahwa warga perlu menyiapkan langkah mandiri untuk mengelola sampah, seperti pembakaran atau penimbunan.

Amazing places to relax

Travel Journey Begins Here

back top