07

May 2024

  • By Admin
  • 07 May 2024

BUKITTINGGI MENJADI TUAN RUMAH BIMTEK POKDARWIS YANG DIADAKAN DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMBAR

6 Mei 2024


Bukittingggi PortalJurnalist.com


Dinas Pariwisata Prov Sumbar gelar acara Bimtek (POKDARWIS) Kelompok sadar wisata angkatan pertama Se-Sumatera Barat di kota Bukittinggi, bertempat di Treple Tree Hotel. Untuk peningkatan pariwisata mandiri dan menyeluruh pada Hari minggu 5 maret 2024.

Undangan masing masing dinas Pariwisata diwakili oleh ketua pokdarwis dari delapan kabupaten dan kota Se-Sumatera Barat, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, dari yang termasuk rintisan maupun sudah berkembang.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kadispar Propinsi Sumbar Drs Luhur Budianda Sy.M.Si yang memberikan laporan sebagai panitia pelaksana , dan dibuka resmi oleh wakil Gubernur Sumbar dengan tampilan nyentriknya Dr.Ir .Audy Joinaldy ,S.Pt,M.Sc.M.M,IPM.ASEAN.Eng. menerangkan'”kalau Sumbar merupakan desa wisata terbanyak se Indonesia, berjumlah 534 desa wisata. Perbandingan dengan Bali sendiri sebagai sebagai daerah kunjugan dengan biaya yang murah tapi syarat dengan kebersihan dan ramah wisata bisa menggaet seluruh kalangan wisatawan dapat meraih pemasukan yang sangat besar, dibanding Sumbar yang lebih berbiaya tinggi,oleh sebab itu kita harus lebih meningkatkan mutu layanan, kebersihan dan sadar wisata dengan mengkampanyekan sertifikasi halal.

Dijelaskan melalui Dinas Koperindag, dan praktisi wisata , promosi Erison J Kambari, “perlunya sosialisasi dan kampanye sertifikasi halal yang merata untuk masyarakat sebagai pelaku wisata dan semua proses nya pun di permudah karena sangat penting sekali kontrol sebagai daerah yang akan menuju desa desa sadar wisata yang identik dengan keramahan, kebersihan dan layanan, itu harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan yang terbentuk berkat kebiasaan, hal ini ini harus kita tunjukkan dulu dengan kemandirian. Jangan terlalu banyak bergantung, kalau kita sudah memulai otomatis semua perhatian dan dukungan akan datang sendiri dari berbagai pihak.


Dari semua proses pelatihan Bimtek yang berlangsung diharapkan semua keberhasilan tidak terlepas dari kemandirian segala pihak untuk mewujudkannya, lakukan koordinasi dengan baik, harapan panitia “semoga desa sadar wisata bisa sama sama kita wujudkan dan ilmu yang sudah didapat secepatnya harus diterapkan, semua peserta merasa senang dan puas . (jack/Red)

Amazing places to relax

Travel Journey Begins Here

back top